Jambul punya anak

Yang namanya rejeki emang g kmn.. Nih buktinya abis dapet gibas satu,eh si "Jambul" jr kluar. Meskipun sebenarnya duluan anaknya si "Jambul" drpd anaknya gibas. Sebenarnya si "Jambul" jr lahirnya selisih cuman 5 hari lebih awal drpd si gibas. Karena emang si "Jambul" dibawa ato di "angonkan" sama orang jd qt kurang tau perkembangannya. Tapi sejak si "Jambul" jr lahir qt jd tiap hari nge-cek keadaannya.

Si "Jambul" punya 2 anak satu jantan dan satu betina. Yang jantan bentuk badannya seperti si "Jambul" besar,tapi warna dan yang lainnya mirip dengan induk betinanya(coklat). Sedangkan anak satunya yang betina mirip dengan induk betinanya kecuali kuping,dan kulitnya yang putih bersih. Karena kambing tersebut kami "angon"kan jadi hak milik cuman si "Jambul" jr jantan saja. Sedangkan yang betina milik yg "angon".

Kami juga masih menunggu satu lagi kambing yg mo ngelairin,kambing kacang jg tetapi kata honey tuh kambing kaya kambing blasteran. Blasteran karena warna bola matanya ternyata biru. Jd Honey kasih nama tuh "Kambing Bule",yang pernah saya dengar itu bukan kambing bule.Melainkan Kebo Bule yang ada di Yogjakarta. Moga2 aza nih Kambing Bule beranaknya gak lama2. Udah besar nih perutnya,2 ato 3 ya isinya....


Nb : foto segera diterbitkan

Kambing Ekor Gemuk...

Kemaren pagi,aku di smsin honey klo salah satu gibasnya sebut saja "mawar",hehehehee kayak dikoran2(tp mawar nih korban dr gibas jantan yg qurban kmrn dijadiin korban) habis melahirkan. Dan kejadiannya saat subuh,dan dikira honey ada orang yang buang bayi di sebelah rumah. Ternyata setelah diselidiki bak detektip ternyata si "Mawar" abis "mbrojol". Mungkin ini sdh rejekinya dia,soalnya qt smua mengira yang "mbrojol" bukan gibas si "Mawar" ini. Melainkan satu lagi gibas yang sudah kliatan jelas buntingnya sebut saja "Bunga" . Klo diibaratkan manusia gibas si "Mawar" ini mungkin dikisaran usia 17 tahunan.heheheheee. Karena ini merupakan anak pertamanya. Bahkan kantong teteknya saja kliatan kecil,beda dengan si "Bunga". Yang mungkin sudah beberapa kali. Saat belinya si "Mawar" mungkin sekitar 1 thnan usianya.

Beda dengan si "Bunga",si "Bunga" didatangkan terlebih dahulu bersamaan dengan jantanya. Sekarang si "Bunga" kliatan bunting tsb. Qt mengiranya bahwa yg kmrn 'mbrojol' adalh si "Bunga" karena sdh lama qt menanti 'mbrojol'nya. Si "Bunga" yang blm "mbrojol"2 ini sdh kliatan sangat lelah. Mungkin tinggal hitungan minggu aza. Perutnya kliatan sangat besar,mungkin didalamnya ada 2 ato 3 anak yg dikandungnya. Si "Bunga" maupun Si "Mawar" merupakan korban dari gibas jantan yang didatangkan dl.

Si gibas jantan ini menurut aq merupakan indukan yg sangat potensial dikembang. Karena si gibas jantan ini terlihat sangat besar,dr segi dagingnya maupun postur tubuhnya. Tp sekarang qt kesulitan untuk mencari yang seperti gibas jantan ini. Kmrn juga saya dpt info klo di daerah probolinggo ada peternakan gibas yg indukannya sangat potensial untuk dikembangkan. menurut cerita gibas probolinggo dadanya lebar,besar,ekornya sangat amat gemuk sekali. Itu bikin saya penasaran akan gibas tsb,saya coba nyari2 inpo di internet masih belum dapet.

Buat temen2 yg asli probolinggo minta inponya. klo bisa ya kirim fotonya..


Nb: Fotonya anak gibasnya nyusul

Wah dah lama nih gak aktip ngisi2 blog. Maklum byk kerjaan yg harus di"openi" nih. Ngisi apa ya???
Oooh...Mending diisi ma kuliner aza yach.....

Dua Minggu kemrn nih critanya,Bos aq lg nyari madu. Waktu abis makan siang,Bos Aq nyari2 madu di Gresik ga dapet2. Ya dgn sedikit inisiatip & keberanian yg tersisa,Aq acungin telunjuk pa jempol ya....Aq lupa... Dan Aq bilang "Pak,gmn klo saya bawain madu dari Malang". Waktu itu aq pernah denger ma liat ada Peternakan Tawon di daerah Lawang. Padahal sama sekali belum pernah kesana.

Tibalah saatnya,waktu itu hari sabtu siang. Setelah njemput "Nyonya" dari sekolahnya,pamit ma Ortunya klo mo brangkat ke Peternakan Tawon nyari madu. Sesampainya di Peternakan Tawon tersebut Aq ma Nyonya disambut oleh guide yang ramah. Dia njelasin smuanya dgn bahasa yang mudah dimengerti kaum2 awam kayk Aq gini.

Ternyata di Peternakan Tawon tsb,ada beberapa jenis lebah madu : Pertama dijelasin sih Lebah Australi,ternyata lebah ada yang bule ya...hehehehehe... yang jelas dr sisi fisiknya Lebah Australi nih lebih gedhe dr yang lokal. Trus kedua Lebah Klanceng,ini katanya sang guide madu yang dihasilkan ma Lebah ini kualitasnya yahud alias number one. Aq kirain tuh Lebah Klanceng ukurannya sama ama lebah2 normal. Ternyata eh ternyata lebih kecil lagi,malah Aq kirain tadinya Lebah Klanceng itu lalat. Soalnya bentuknya imut banget,kecil,seukuran lalat malah lebih kecil lg. Busyet nih lebah kecil2 cabe rawit. Mahal juga harga madu hasil dr Lebah Klanceng. Trus satunya Lebah Lokal,alias lebah2 asli dr Indonesia. Khasiat dr Lebah Lokal ini g kalah dr lebah2 yang dah Aq sebutin td. Salah satunya Tolo alias sarangnya Lebah Lokal bisa dibikin botok.(Aq lupa khasiatnya apa aza,poko'e buanyak bgt).

Setelah penjelasan tentang Lebah2 td selesai,trus juga dijelasin tentang cara saat panen madu. Disitu juga dijual madu langsung dari sarangnya Lebah ato plus sarangnya,alias langsung diambilkan dr sarang. Mungkin istilahnya presh prom dhi Open(tp ini bukan Open). Udah puas dpt inpo ebout Madu,jd beli Madu. Sebetulnya sih pengen nyoba botoknya,berubung ada sesuatu hal yg sgt mendesak,ya g jadi deh...

Tempatnya(Peternakan Tawon) klo dari Malang sebelah kiri ato jalan masuk ke Tempat Wisata LaGross tp g sampe 100 m dr jalan udah ada tulisannya Peternakan Tawon,sedangkan untuk Warung Botok Tawon dari arah Surabaya sebelah kiri(pinggir Jalan Raya Malang Surabaya). Mungkin yg kurang dari Peternakan Tawon Rimba Raya adalah fasilitas yang kurang memadai. Mungkin jg masih baru,jadi masih perlu byk perbaikan.

Photo2nya ntar nyusul,Aq g bawa kabel data sih....

Slamat Taon Baru Islam


Tak terasa setahun telah terlewati. Di tahun yang baru ini semoga kita bisa menjadi lebih baik dari pada tahun kemarin,karena bila tidak lebih baik atau sama berarti kita merupakan orang yang merugi. Waktu selama satu tahun terbuang sia-sia.

Namun di awal tahun yang baru ini,kita sudah disuguhi oleh kebiadan bangsa israel yang dengan tanpa dosa membantai saudara kita yang ada di Palestina. Kita yang berada disini hanya bisa mendo'akan saudara(Palestina) kita semoga oleh Allah SWT diberikan kemenangan dan kesabaran. Seperti kemenangan Hisbullah ditahun 2007 M kemarin. Amiin...Amiin ya robballalamin.

Tour d' Malang..

Akhir pekan kemarin temen2 kantor Gresik adain acara Tour d' Malang. Dalam rangka menyemarakan Visit Indonesia 2008 dan juga untuk melepas kepenatan dari aktifitas kantor.
Seminggu kemaren merupakan "hard work week"(bener2 hard deh....aplikasi kantor baru & banyak masalh),jadi buat hilangin pikiran stres kita adain Tour d' Malang,sebenarnya acara direncanakan pada awal November kemaren tetapi karena banyak hal2 yang diluar kehendak jadi acaranya baru terwujud akhir November 2008.

Rencana semula pengikut Tour d' Malang yang ikut ada 15 orang. Tapi saat hari "H'-nya 2 orang gak ikut,jadi tinggal 13 orang termasuk saya. Sebagai tuan rumah(Arema asli ker),saya gak ikut rombongan yang berangkat dari Gresik soalnya harus nyiapin buat logistik temen2. Maaf ya temen2 satenya aq titilin(skalian nyobain...hehehehehehe)
Jadi saya tunggu di Lawang(Kantor Of QIQO SiEP),menurut rencana pimpinan rombongan(sodara sandhy) berangkat dari Gresik jam 7.00,akan tetapi dengan banyak alasan buat 'ngeles' dari temen2 Gresik jadi berangkat jam 08.30. Dan nyampe Lawang jam 11.00.
Setelah mampir sebentar di Lawang(Kantor Of QIQO SiEP) buat ngisi logistik,kita brangkat menuju destination pertama yaitu Pantai Sendang Biru.

Destination I : Pantai Sendang Biru

Dengan berbagai pengalaman penguasaan medan di Malang ditunjuklah saya sebagai penunjuk jalan. Saya ambil jalan pintas tidak masuk ke kota Malang,tapi lewat daerah Buring langsung bablas ke Bululawang.
Dalam perjalanan masih banyak dijumpai pemandangan2 yang sangat asri,udara masih segar & hutan masih terawat baik(daerah Sumbermanjing Wetan). Suara2 khas hutan masih terdengar dengan merdunya. Memang Indonesia luar biasa indahnya, We Love Indonesia.
Hilanglah segala kepenatan yang dari minggu2 kemarin selalu menaungi kami.

Setelah ampir 3jam perjalanan dari Lawang,akhirnya kami sampai di Pantai Sendang Biru. Tujuan kami jelas yaitu Pulau Sempu. Pulau yang ada di hadapan Pantai Sendang Biru yang menawarkan panorama danau cantik. Danau di dalam Pulau Sempu terbentuk oleh masuknya air laut dari Samudra Indonesia(Laut Selatan) melalui celah2 pada dinding Pulau Sempu.
Sehingga air laut tersebut membentuk suatu danau. Pernah sekali saya masuk,dan memang cantik danau tersebut. Disarankan untuk hati2 karena celah2 yang ada di dalam danau tersebut tidak semuanya tampak,ada celah yang dari bawah laut yang kalo tidak2 hati2 bisa menyeret ke dalam Samudera.
Setelah sampai di pantai sendang biru kami segera menyantap logistik dari QIQO SiEP minus Mas Shandy. Sodara shandy sebagai ketua rombongan mencari perahu buat nganterin kita2 nyebrang ke Pulau Sempu sekalian minta ijin masuk pada Petugas Jagawana.Sajian pembuka dari QIQO SiEP adalah Nasi Kabuli dengan Krengsengan Kambing,dan sebagai penyegar ditambah dengan Es Manado. Mangstab deh.
Saat sandhy datang diberitahu kalo kita datangnya terlalu sore jadi tidak diperbolehkan masuk. Tetapi masih ada obyek yang lain yg masih dekat dg Pantai Sendang Biru.
Tetapi kita tidak sempat kesana dikarena ada "accident" kecil yaitu kunci mobil avanza terkunci dalam mobil avanza. walah2,kok bisa ya. Mari kita tanya sodara Eko(hehehehehee.......sori mas eko). Dengan perjuangan extra keras + bantuan dari penduduk sekitar yang baik hati. Maka tidak lebih dari 10 menit pintu mobil dapat terbuka(30 menit kamsudnya).
Karena dirasa sudah sore dan menimbang akan jatuhnya air hujan dari langit,maka tepat jam 16.00 kita cabut dari Pantai Sendang Biru.
Di Pantai Sendang Biru tersebut saya merasa kecewa,disalah satu sudut terpampang sebuah papan yang menyerukan untuk selamat laut kita(Save Our Sea),tapi disisi lainnya ada proyek reklamasi pantai dengan mengeruk pasir dibuat daratan baru & sepertinya akan dibangun cottage2. Jd ironi sekali,satu sisi mengajak kita untuk menyelamatkan alam namun disisi lain malah merusak ekosistem pantai.

Destination II : Villa Songgoriti

Akhirnya nyampe juga di Villa Songgoriti,jam menunjukan 19.30 WIB(Waktu Indonesia di Batu),Villa Songgoriti kami jadikan sebagai basecamp. Dalam perjalanan menuju Villa Songgoriti kami sempat mengambil beberapa foto dari Gunung yang berada di wilayah Sumbermanjing Wetan. Dengan kenarsisannya masing2 maka dibukalah sesi pemotretan. Sodara Yupi dan Sodara Herlan telah sigap membidikan kameranya pada kita2 yang narsis banget.
"Mas lulusannya Robby Darwis ya!!!!celetukan dari temen2. Yang dimaksud hanya senyam senyum.
Saat baru nyampe di Villa Songgoriti,kami bertiga (sodara behi,dan sodara budi gresik utara) dengan penuh tanggung jawab kembali ke Lawang(Kantor Of QIQO SiEP) untuk mengambil suplai logistik buat makan malam. Sajian untuk malam ini adalah Sate Kambing + Gulai Kambing. Kambing lagi nih,Siiiip.
Setelah kembali dari Lawang(Kantor Of QIQO SiEP) kami jumpai Villa kosong g ada temen2,hanya tinggal sodara Yupi,sodara BUdi Tuban,& sodara Yunan. Kemana semuanya???Ternyata jalan2 ke Malang nih temen2. Ini merupakan kesempatan bagi temen2 yang ada di Villa buat nyicipin pertama kali. Dan tidak kemudian temen2 pada pulang smuanya. Tanpa ba-bi-bu,sejurus kemudian sajian makan malam itu dihajar ama temen2.
Setelah selesai,eh sodara erik nawarin buat ke payung. Langsung aza siyap Ndan!!!!. Hanya 15 menit kemudian,kami berenam udah duduk manis di salah satu waroeng payung. Sodara Yupi yang sedari tadi pagi bawa kamera,sudah bersiap2 mengabadikan keindahan kota Batu di saat malam hari. Setelah ampir 2 jam di payung,kami akhiri petualangan hari ini dengan bobo mesra di Villa Songgoriti.

Paginya sekali lagi saya mampir lagi ke Lawang(Kantor Of QIQO SiEP) ngambil logistik buat sarapan pagi. Kali ini saya di temani oleh sodara Yupi. Dengan tanpa halangan maupun rintangan kami nyampe Villa lagi dengan membawa logistik sarapan pagi. Sarapan pagi ini adalah Lontong Kikil Kacang Ijo,Sate Kambing + Es Teller. Saatnya isi perut buat destination selanjutnya. Mangstab egen.

Destination III : JTP (Jatim Park)

Jatim Park merupakan destination terakhir Tour d' Malang kami. Saat mo masuk saya ngumpulin duit temen2 buat beli tiket masuk. Eh gak enaknya di celetukin calo tiket mas. Wah nih temen2 menjatuhkan harkat & martabat ane di kota kelahiran ane nih. Bukan calo tiket sodara2,tapi makelar tiket(hehehehehehe.....). Sesaat sebelum beli tiket ada sesi pemotretan lagi,sodara shandy dengan penuh tanpa dosa minta tolong pengunjung buat motret qt2.
Dasar usil anaknya yang motret disandera juga buat tebusan ntar klo bapaknya tiba2 ilang bawa kabur tuh kamera.hehehehehehehehe..... Akhirnya tiket masuk berada ditangan setelah dengan penuh perjuangan sekuat tenaga senggol sana senggol sini,dorong sana dorong sini(terlalu didramatisir) buat antri. Secara de facto kami akhirnya bisa nongol di dalam Jatim Park. Dan Keusilan pertama yang menjadi korban adalah sodara erry,dengan gotong royong kita angkat sodara erry dengan posisi telentang diibaratkan sedang membenturkan ke GONG terbesar.
Keusilan tersebut merupakan ide cemerlang dari sodara bambang. Hidup Bambang..... Setelah melewati berbagai macam2 stand pertunjukan & berfoto ria,akhirnya nyampe juga di arena gamenya. Waduh,lah kok ngantri semua arena gamenya(apa karena hari minggu ya???). Dengan semangat 45 kita nyari arena "Flying Tornado" buat nguji nyali kita semua. Eh ternyata Flying Tornado masih dalam masa perbaikan. Karena Flying Tornado gak bisa kita nyoba aza "Spinning Coaster". Tapi ya gitu ngantrinya,busyet. Seperti ngantri sembako,dengan semangat 45 yang tersisa ngantri lah kita.
Saat seru2nya ngantri(ngantri seru.....),lah kok Spinning Coasternya macet. yaaa...apes deh hari ini gak ngapa2ain. Selidik punya selidik ternyata ada tas salah seorang pengunjung yang nyangkut di salah satu rodanya Spinning Coaster. Gara2 kesalahan satu orang,bikin rusak suasana liburan kita2. Flying Tornado ga dapet,Spinning Coasternya hilang di depan mata. Akhirnya temen2 memutuskan buat main boom boom car ma Flying Fox.
Setelah dirasa sudah cukup,waktunya kita pulang. Acara Tour d' Malang di akhiri dengan makan "Jamur Goreng Cak Pi'i'. Setelah selesai temen2 dibagi 2 kelompok. Satu mobil langsung ke "Bakpao Telo",satu mobil lagi nganterin saya ke Lawang(Kantor Of QIQO SiEP).

Buat temen2 trima kasih acara Tour d' Malang,maap klo masih ada kekurangannya.







"QIQO SiEP MENGUCAPKAN TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAAN TEMEN-TEMEN DARI KPP PRATAMA GRESIK DENGAN MENGGUNAKAN PRODUK-PRODUK KAMI"

Acara gathering(ngumpul2) ini diadakan untuk mengeratkan tali silahturahmi antar alumni prodip D1 Perpajakan 2003 Malang Gelombang 1. Acara ini diadakan di Songgoriti tanggal 15 - 16 Nopember 08 kemaren.
Dan juga berbarengan dengan acara pernikahan temen yang seangkatan juga. Acara nikahannya Bayu Arti N.Gagasan dari acara ini muncul sebulan sebelumnya atas prakarsa dari Pak Ketua Klas (Sekarang jd koordinator angkatan) Reza Pahlevi alias Si Mbah alias Donat, Dedengkot satu lagi Dimas Rosandi alias Shamet, Dan tak lupa juga Sekretarisnya Yulpi Asida alias Yupi.

Acara gathering ini merupakan kali kedua. Sebelumnya tercatat untuk pertama kali pada tahun 2005,dan juga waktu itu berbarengan dengan acara pernikahan salah seorang temen kita. Pernikahan Muh Saerofi,kemaren saat ketemu ma Saeropi malah sekarang istrinya lagi hamil yang kedua(Selamat ya Rof,tambah subur ae rek).
Mungkin acara kemaren merupakan ajang Show of Force..hehehehehehehe... gimana gak Show of Force,temen2 datang bawa anaknya dan istrinya (bikin mupeng pingin cepet2 nikah). Dan yang belum nikahpun bawa pacarnya termasuk saya...(hehehehehehe).. Dan yang datang sendiri juga banyak(aq gak tau apa sengaja datang sendiri ato ....... aq g mau suudzon loh)

Salut deh buat Arafat,yang dateng ma istri & anaknya. Sibuk ngurusin bebinya, bikinin air panas buat mandi ato minum susu bebinya. Jadi dewasa banget beda sama waktu belum nikah. Kayak bapak rumah tangga Fat. Yulpi yang kemaren aq sms ternyata temen sekantor aq,taunya waktu senin di ruang server temen nanya sms itu. Aq kirain sapa(sms g jelas). Diwu kok jadi jinak2 merpati ya(ada apakah gerangan)..
Sori ya Abi,kekalahan itu sungguh menyakitkan. Hidup Milan.... Yogi ente tunggu pembalasanku,lek ketemu tak bantai 10-0 aq mo latihan dulu. Anaknya lucu2 loh pa lagi liat anaknya jema ma anaknya dedi kwartana. lucunya jd mupeng pengen punya ade sendiri nih...hehehehehehe...(kapan ya....). Wah klo anaknya tekno nih gawat,apa yang dipegang pasti dilempar(Tek biyen cilikanmu ngono yo....kan buah jatuh tdk jauh dr pohonnya..hehehehehehehe)
Acara yang dimulai dari hari sabtu dan selesai pada minggu esoknya berakhir saat di pernikahannya Bayu Arti. Untuk acara gathering berikutnya ditunggu.


Buat temen2 terima kasih atas persahabatan ini.

Beberapa koleksi poto2 saat gathering & acara nikahannya Bayu Arti kemaren.




NB : potonya masih belum lengkap nih. bagi yg merasa kemaren ngambil poto2 kirim ke emelku ya.

Pada saat beternak (kambing) tidak selamanya kambing ato hewan ternak akan selalu sehat.

Mesti suatu saat akan sakit. Apakah kita siap untuk mengobatinya??? Apakah ada dana untuk membeli obat2an.

Yang mungkin harganya juga mahal ato kemungkinan yang lain didaerah kita tidak dijumpai KUD ato toko yang menjual obat2an tersebut. Ato juga obat2an tersebut sangat langka.

Setelah browsing2 yang sangat melelahkan(padahal tinggal klik),maka terkumpullah berbagai pengobatan tradisional pada kambing. Pengobatan tradisional ini sangat murah & mudah untuk di aplikasikan.


1. SCABIES (KUDIS)

Penyebab:
Parasit yang terdapat pada kotoran yang terjadi karena kandang kotor dan ternak tidak pernah dimandikan.

Tanda- tanda:
- Kerak - kerak pada permukaan kulit
- Ternak selalu menggesekan bagian kulit yang terserang kudis
- Kerontokan bulu, kulit menjadi tebal dan kaku

Pengobatan :
Cukur bulu sekitar daerah terserang, mandikan ternak dengan sabun sampai bersih, kemudian jemur sampai kering. Setelah kering dapat diobati dengan menggunakan:
1. Belerang dihaluskan, dicampur kunyit dan minyak kelapa, kemudian dipanaskan dan digosokkan pada kulit yang sakit.
2. Belerang dihaluskan dan dicampur dengan oli bekas dan digosok pada bagian kulit yang sakit.
3. Kamper / kapur barus digerus, dicampur minyak kelapa dan dioleskan pada bagian kulit yang sakit.


Pencegahan:
- Ternak yang berpenyakit kudis tidak boleh bercampur dengan ternak yang sehat.
- Ternak yang baru dibeli harus bebas dari penyakit kudis
- Mandikan ternak dua minggu sekali.
- Bersihkan kandang seminggu sekali.

2. BELATUNGAN ( MYASIS )

Penyebab:
Luka daerah yang berdarah diinfeksi oleh lalat sehingga lalat berkembang biak (bertelur) dan menghasilkan larva belatung.

Tanda-tanda:
- Adanya belatung yang bergerak-gerak pada bagian yang luka
- Bila belatungan pada kaki/teracak maka ternak terlihat pincang.

Pengobatan:
- Bersihkan luka dari belatung, kemudian obati dengan gerusan kamper/kapur barus atau tembakau.
- Luka dibungkus dengan kain/perban untuk melindungi dari terjadinya luka baru atau kotoran.
- Pada hari berikutnya luka dibersihkan, pengobatan diulang dan dibungkus kembali. Biasanya dua atau tiga kali pengobatan sudah sembuh.
- Bila belatung sudah terbasmi, pemberian yodium tinctur dapat dipakai untuk mempercepat pertumbuhan.

3. CACINGAN

Penyebab:
Bermacam-macam cacing terjadi karena kandang yang kotor atau padang pengembalaan yang kotor.

Tanda-tanda:
- Kurus, bulu agak berdiri dan tidak mengkilap
- Sembelit atau mencret
- Lesu dan pucat
- Daerah rahang terlihat membengkak
- Mati mendadak


Pengobatan:
1. Tepung buah pinang dicampur dengan nasi hangat dikepal-kepal kemudian dipaksakan untuk dimakan ternak. Ternak dianjurkan untuk dipuasakan terlebih dahulu.
2. Daun kelor yang tua dibakar, kemudian debunya dicampur air dan diminumkan. Pengobatan diulangi satu minggu kemudian.


Pencegahan:
- Kandang dibuat panggung dan bersih
- Pengaritan rumput setelah panas yaitu pada jam 12.00-15.00 atau pengembalaan ternak pada siang hari jam 10.00-15.00.
- Jangan menggembalakan ternak pada daerah rawa, sungai dan sawah.

4. KERACUNAN TANAMAN

Penyebab:
- Ternak memakan rumput-rumputan atau daun-daunan yang mengandung zat racun.

Tanda-tanda:
- Mati mendadak, mulut berbusa, kebiruan pada selaput lendir, pengelupasan kulit/eksim atau terjadi pendarahan.


Pengobatan:
- Cekoklah ternak dengan air kelapa muda.


Pencegahan:
- Tidak memberikan tanaman beracun atau menggembalakan ternak di daerah yang banyak tumbuh tanaman yang mengandung racun. (dari berbagai sumber di internet)

;;

Anda Pesan Kami Antar Siap Makan.

Nyari $$$$$$ di Internet Yuk!!!!!!

Valuebux! fortuda.com